Tujuan
dan fungsi koperasi sebagai badan usaha
1. Pengertian Badan Usaha
Badan Usaha adalah suatu
bagian yang telah ditetapkan dan dibentuk untuk berusaha dan mencapai tujuan
tertentu
2. Koperasi sebagai Badan Usaha
* Koperasi adalah badan
usaha atau perusahaan yang tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip
ekonomi yang berlaku (UU No. 25, 1992)
* Mampu untuk
menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya
* Ciri utama
koperasi adalah pada sifat keanggotaan; sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa
* Pengelolaan
koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan sistem
manajemen usaha (keuangan, tehnik, organisasi & informasi) dan sistem
keanggotaan (membership system)
3. Tujuan dan Nilai Koperasi
* Memaksimumkan
keuntungan, berarti segala sesuatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai
pemaksimuman keuntungan
* Memaksimumkan
nilai perusahaan, berarti membuat kualitas perusahaan bernilai tinggi dan
mencapai tingkat maksimal, yaitu dari nilai perusahaan itu sendiri
* Meminimumkan
biaya, berarti segala sesuatu yang dilakukan agar hasil maksimala dan
keuntungan besar kita harus meminimalkan segala biaya agar mendapatkan sesuatu
yang terbaik
4. Mendefinisikan Tujuan Perusahaan Koperasi
·
Theory of the firm;
perusahaan perlu menetapkan tujuan
1.
Mendefinisikan organisasi
2.
Mengkoordinasi keputusan
3.
Menyediakan norma
4.
Sasaran yang lebih nyata
·
Tujuan perusahaan :
1.
Maximize profit, maximize
the value of the firm, minimize cost
·
Koperasi
1.
Berorientasi pada profit
oriented & benefit oriented
2.
Landasan operasional
didasarkan pada pelayanan (service at a cost)
3.
Memajukan kesejahteraan
anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992)
4.
Kesulitan utama pada
pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan
5.
Keterbatasan Teori
Perusahaan
Maximization of sales (William
Banmoldb); jika tidak memaksimumkan penjualan maka anggota akan di pecat,
tetapi koperasi tidak
Maximization of
management utility (Oliver Williamson); antara pemilik da anggota
terjadi perbedaan yang mencolok, tetapi koperasi tidak
Satisfying Behaviour (Herbert
Simon); hanya satu pihak yang berjuang, tetapi koperasi semua anggota
berperan penting
·
Teori Laba
Konsep laba dalam
koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi
manfaat yang diterima.
·
Fungsi Laba
* Innovation
theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan
organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.
* Managerial
Efficiency Theory of profit; organisasi yang dikelola dengan efisien
akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.
Kegiatan Usaha Koperasi
·
Key success factors kegiatan
usaha koperasi : Status dan motif anggota koperasi, Kegiatan Usaha, Permodalan
Koperasi, Manajemen Koperasi, Organisasi Koperasi, Sistem Pembagian Keuntungan
(Sisa Hasil Usaha)
Status & Motif
Anggota
1. Anggota
sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers)
2. Owners :
menanamkan modal investasi
3. Customers :
memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal
4. Kriteria
minimal anggota koperasi
Tidak
berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi
Memiliki
pola income reguler yang pasti
Kegiatan Usaha
a. Usaha
yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan
kesejahteraan anggota.
b. Dapat
memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas; dalam
rangka optimalisasi economies of scale).
c. Usaha
dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar